January 10, 2011

EVOLUSI SAMPAH HINGGA TERURAI DI TANAH

Evolusi merupakan proses perubahan bentuk atau struktur dari makhuk hidup yang berlangsung sangat lambat dan lama. Begitu pula dengan sampah, walaupun dia bukan makhluk hidup, proses penguraian sampah di dalam tanah memakan waktu sangat panjang dan lama. Bisa dilihat dari gambar gunungan sampah di atas. Kira-kira berapa tahun lagi ya gunung sampah itu bisa berdiri? Berikut ini adalah data jangka waktu penguraian sampah.

Jangka Waktu Hancur Sampah
Kertas : 2.5 bl
Kulit Jeruk : 6 bl
Dus Karton : 5 th
Kantung Plastik : 10-20 th
Kulit Sepatu : 25-40 th
Pakaian Nilon : 30-40 th
Plastik : 50-80 th
Plastik Busa : tidak hancur
Sumber : Sebuah Stand di Pameran Lingkungan Indonesia 2010

Apa yang bisa kita lakukan untuk dapat mengurangi munculnya gunung sampah di tempat lain?
1. Kurangi penggunaan kantung plastik untuk berbelanja dengan senantiasa membawa sendiri  tas kain atau bahan lain yang lebih kuat dipakai berulang kali.
2. Pilih produk dengan kemasan yang minim. Pilih kemasan ukuran besar. Pilih kemasan dari karton/kertas/kaca dibanding plastik/styrofoam/polyfoam.
3. Pikir dengan bijak apa manfaat dan kegunaannya dari setiap produk yang akan kita beli. Bila tidak sangat penting, tidak perlu membeli.
4. Pilihlah produk yang awet dan tahan lama, agar tidak lekas kita buang dan menjadi sampah.
5. Pilah sampah organik dan anorganik. Sampah organik dapat kita masukkan ke Lubang Resapan Biopori atau dijadikan kompos. Sampah anorganik dapat diberikan ke pemulung.
6. Manfaatkan kemasan anorganik untuk membuat aneka produk yang bermanfaat dan memiliki nilai jual.  
Tangan Terampil Membuat Sampah Menjadi Produk yang Cantik & Berguna
7. Setelah kita terapkan tips di atas, ayo kita ajak anggota keluarga dan teman yang lain, untuk mengurangi sampah yang kita hasilkan.