January 13, 2011

Use Your Own Shopping Bag ! - Gunakan Tas Belanjamu Sendiri !

Tas belanja di bawah ini merupakan karya desainer Adjie Notonegoro. Keren, terbuat dari karung goni yang dijahit handmade, ditambah gambar yg diprint di kain. Ada slogan, "I Help Save Mother Nature, I Say No To Plastic Today !" Cara pakainya bisa dicanglong di bahu atau dijinjing pakai tangan. Yang mengeluarkan tas ini adalah hipermarket Giant, dengan harga 49.900 rupiah (kalau tidak salah). Jadi, saya kalau mau belanja ke Giant selalu mengusahakan membawa 2 buah tas karung ini. 
Selain tas Giant, saya juga punya tas belanja Superindo, bentuknya kotak, terbuat dari bahan karung plastik dengan slogan "Lindungi Lingkungan Kita". Ada sisi samping ada tempat untuk menaruh botol-botol, jadi botol tidak mudah jatuh.
Oh ya, sekarang sudah cukup banyak toko retail yang telah menggunakanecoplastic atau plastik degradable. Periode kantung plastiknya hancur di tanah, antara 8 minggu hingga dua tahun, tergantung pada jenis tanah. Apabila kita punya banyak kantung plastik di rumah juga bisa kita pakai kembali untuk belanja barang-barang yang masih membutuhkan plastik sebagai tempatnya, misalnya untuk beli telur, buah, dan sayur. Hal ini termasuk prinsip REDUCE alias MENGURANGI dan REUSE alias MENGGUNAKAN ULANG.
Dengan membawa tas belanja sendiri, kita turut mengurangi populasi sampah kantung plastik yang berpotensi merusak lingkungan. 
PESAN untuk para pemilik ataupun pengelola toko, supermarket, pasar, restoran, kios, factory outlet, dll. Tolong ya, agar para pelanggan yang membeli produk di tempat Anda selalu diberi kemasan, wadah, atau tas kantung belanja yang ramah lingkungan. Jadi, kita tidak harus mengeluarkan uang untuk dapat tas belanja berlogo toko. Nanti setiap pelanggan yang bawa tas belanja sendiri bisa dapat bonus atau diskon, sementara bagi yang tidak bawa, kena charge sekian rupiah. Adil kan?