January 11, 2011

Pertamina Green Act Tahun 2010

KEGIATAN PERTAMINA GREEN ACT 2010 

Plakat Pertamina Green Act

Pada tahun 2010, CSR Pertamina bidang Lingkungan yang bermitra dengan LPPM IPB mengadakan program kegiatan Pertamina Green Act, mengajak rekan-rekan siswa, guru, & sekolah SMA Negeri di DKI Jakarta untuk ikut berpartisipasi. Tujuannya agar kita dapat meningkatkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan, dimulai dari lingkup sekolah, tempat belajar dan mengajar diadakan. Program ini diharapkan bisa bermanfaat, berkembang, dan berkesinambungan di tahun-tahun mendatang. 
Jadwal Kegiatan Pertamina Green Act

Melalui 'art & creativity', Pertamina Green Act mengadakan kegiatan - Lomba Poster untuk Siswa - Lomba Kreasi Daur Ulang untuk Siswa - Lomba Karya Tulis untuk Guru - Lomba Pelopor Lingkungan untuk Sekolah.
Maskot Lomba 'GECA' (Poster - Kreasi Daur Ulang - Karya Tulis)
 

 LOMBA PELOPOR LINGKUNGAN 
12 Finalis Lomba Pelopor Lingkungan (masing-masing sekolah 3 guru & 5 siswa) diundang ke Acara Pelatihan Lingkungan dilaksanakan pada tanggal 25 September 2010 di Gedung Menza, Jl. Salemba Raya No. 18 Jakarta Pusat. 
Acara ini menghadirkan empat orang Pengajar : 
1. Ir. KAMIR R. BRATA, MSc (Ahli Konservasi Tanah dan Pakar Biopori), 
2. Dr. Ir. NIZAR NASRULLAH, MAgr (Ahli Arsitektur Lanskap), 
3. Dr. Ir. TATI BUDIARTI, MS (Ahli Tanaman & Tata Hijau), 
4. Ir. ITASIA DINA SULVIANTI, M.Si (Kepala SMK Wikrama).
SMK Wikrama pada tahun 2010 ini kembali menerima Penghargaan Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup, Adiwiyata adalah penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup untuk kategori sekolah dari pemerintah).
Perwakilan tiap Sekolah diberikan Penghargaan Sekolah berupa Peralatan Lingkungan yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung Program Lingkungan di sekolah dalam mengikuti Lomba Pelopor Lingkungan. 12 Sekolah Finalis dilombakan kegiatan-kegiatannya di sekolah. Selama proses lomba berlangsung akan diadakan monitoring, evaluasi, serta pendampingan dari Panitia Pertamina Green Act. 3 sekolah terbaik akan dinobatkan sebagai Pemenang Green Act 2010. 
Peralatan Lingkungan untuk 12 Finalis 
Bor Biopori  & Tutup LRB @ 50 set
 Termometer Basah-Kering @ 2 buah - Wadah Dekomposer @ 2 buah - Bibit Tanaman @15 buah

 Foto-foto Saat Kegiatan Pelatihan




 Pada akhirnya, SMA yang menjadi juara I adalah SMA Negeri 92 Jakarta Utara. Untuk Pemenang lainnya, silakan lihat di web www.pertaminagreenact.com

Foto Monitoring di SMAN 92 Jakarta


 

Kegiatan Pertamina Green Act ini semoga dapat berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya, pesertanya bertambah, dan dapat berkontribusi bagi perbaikan lingkungan di bumi kita tercinta, tempat yang paling ideal untuk dihuni oleh spesies manusia, hewan, dan tumbuhan.