May 09, 2013

Hemat Energi dan Sumberdaya

Hemat Energi (Gambar: Tassya Adrianto-PGA 2012-2012)
Pertumbuhan jumlah manusia serta perkembangan teknologi meningkatkan konsumsi energi dan sumberdaya kita. Seiring dengan usaha pengembangan energi terbarukan, penghematan merupakan hal yang harus kita lakukan.

Hemat Listrik
Sebagian besar listrik yang digunakan di negara kita bersumber dari bahan bakar fosil. Dengan melakukan penghematan, kita turut membantu mengurangi karbondioksida yang lepas ke atmosfer dan menyebabkan efek rumah kaca.
Hemat Bahan Bakar
Peningkatan kendaraan bermotor pribadi serta kemacetan yang ditimbulkan menyebabkan tingkat konsumsi BBM semakin tinggi saja. Cadangan BBM menjadi cepat berkurang, kualitas udara pun semakin menurun.
Jadi, gunakan transportasi umum, kurangi pemakaian kendaraan bermotor, serta pakai kendaraan yang lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan.
Hemat Air
Air sangat penting bagi kehidupan kita. Tanpa air, tidak akan ada kehidupan. Sayangnya air yang dapat dikonsumsi semakin berkurang karena penggundulan hutan, konversi lahan, serta pencemaran.
Mari kita bersama untuk menggunakan air seperlunya, melakukan penghijauan, membuat lubang resapan biopori, dan masih banyak hal baik lainnya yang dapat dan harus kita lakukan!
Hemat Produk Hasil Teknologi
Dengan kemajuan teknologi, berbagai macam produk terbaru terus dihasilkan dengan cepat. Jutaan senyawa kimia buatan berbahaya digunakan. Gaya hidup konsumtif semakin berkembang. Pada akhirnya, semakin banyak limbah dan sampah produk teknologi yang dibuang ke lingkungan. 
Oleh karena itu, pola hidup sederhana menjadi solusi yang penting. Mari kita gunakan sumberdaya dengan bijaksana untuk kehidupan kita yang lebih baik saat ini dan masa depan.  

Gunakan Sumber Daya dengan Bijaksana (Gambar: Andi Rika Apryanti-PGA 2011-2012)