August 03, 2012

Earthsleeve, Inovasi Ramah Lingkungan dari Starbucks

STARBUCKS MEMBUAT PEGANGAN GELAS ANTI PANAS YANG RAMAH LINGKUNGAN

Starbucks Hot Sleeve

Informasi ini jelas menyenangkan untuk diketahui. Starbucks, perusahaan yang mendominasi industri kopi premium, selama bertahun-tahun telah menghabiskan sumber daya alam berupa kayu untuk bahan baku gelas karton, alas gelas,  dan pegangan anti panas.
Starbucks Tissue

Kini, Starbucks telah melakukan inovasi untuk mengurangi penggunaan material kayu. Mereka mengklaim bahwa penggunaan gelas baru tersebut akan mengurangi 10000 pohon. Produk yang diberi nama Earthsleeve, menggunakan kurang dari 34% bahan mentah dan 85% konten pasca produksi, jika dibandingkan dengan produk sebelumnya.
Kafe kopi Starbucks telah tersebar di lebih dari 50 negara di dunia. Tentu, perubahan ini sangat signifikan bagi lingkungan global. Apabila penelitian teknologi ramah lingkungan terus dikembangkan, maka kita akan mendapat banyak produk-produk yang ramah lingkungan.

Pada prinsipnya memang 3R! Reduce: Kurangi penggunakan produk sekali pakai, misal gunakan gelas keramik atau beling untuk minum kopi. Reuse: Gunakan kembali gelas yang bisa dipakai berulang saat meminum kopi. Recycle: Daur ulang material lama menjadi material baru. Gelas kopi, tisu, alas gelas, dan pegangan panas diolah lagi menjadi produk berguna lainnya.